Daftar Mobil Bebas PPnBM 2021 dan Perhitungannya


COREMAGZ - Pemerintah pada bulan Maret sampai dengan Mei akan memberikan insentif berupa penghapusan sementara PPnBM sebesar 100 persen terhadap mobil yang memenuhi kriteria. Artikel kami sebelumnya di Bulan Depan, Harga Mobil Baru Turun Sampai 50 Juta ! telah dijelaskan bagaimana syarat dan ketentuan dari PPnBM. Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa saja mobil yang terkena pembebasan dan cara perhitungannya.

Daftar Mobil yang terkena pembebasan PPnBM sebelumnya belum bisa diprediksi yang mana saja yang terkena pembebasan, karena terdapat banyak sekali jenis mobil yang mirip dengan kriteria namun tidak masuk pembebasan. Pada artikel ini Kami sudah merangkum beberapa daftar mobil yang terkena dampak sehingga anda tidak bingung. Berikut daftar mobil bebas PPnBM 2021 setiap merek.


1. Toyota

Toyota Yaris (semua varian)

Toyota Vios (semua varian)

Toyota Sienta (semua varian)

Toyota Rush (semua varian)

Toyota Raize (semua varian)

Toyota Avanza (semua varian)


2. Daihatsu

Daihatsu Xenia (semua varian)

Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)

Daihatsu Luxio (semua varian)

Daihatsu Terios (semua varian)

Daihatsu Rocky (semua varian)

3. Mitsubishi

Mitsubishi Xpander (semua varian)

Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)


4. Nissan

Nissan Livina (semua varian)


5. Honda

Honda Brio RS (semua varian)

Honda Mobilio (semua varian)

Honda BRV (semua varian)

Honda HRV (semua varian)


6. Suzuki

Suzuki Ertiga (semua varian)

Suzuki XL7 (semua varian)


7. Wuling

Wuling Confero (semua varian)


Setelah anda mengetahui mobil apa saja yang menerima pembebasan PPnBM, maka perlu skema perhitungannya. Berikut kami berikan perhitungan secara matematika.

Jika anda inggin membeli mobil Avanza tipe terrendah yaitu e. Daftar harga pada brosur misalkan Rp200 juta. Tarif PPnBM yang dikenakan terhadap Avanza sebesar 10%. Maka bagaimanakah perhitungan jika terkena pembebasan PPnBM?

Perhitungan:

Daftar Harga Mobil (Price List On The Road) = Harga Mobil Off The Road + PPN X Harga Mobil Off The Road  + PPnBM X Harga Mobil Off The Road

Rp200.000.000 = Harga Mobil Off The Road + PPN (10%) X Harga Mobil Off The Road + PPnBM Avanza (10 %) X Harga Mobil Off The Road

Bentuk rumus singkat nya jadi:

= 100%/(100% + PPnBM yang dikenakan) X Daftar Harga Mobil (Price List On The Road)

= 100%/110% X Rp200.000.000

= Rp181.818.181

Jadi yang anda bayarkan kepada dealer hanya sebesar Rp181.818.181, atas pembelian Avanza tipe E yang sebelum dikenakan pembebasan PPnBM berharga Rp200 juta. Harga Rp181.818.181 hanya terdapat pembebasan PPnBM, sedangkan PPN dan harga mobil off the road masuk di Rp181.818.181.

Harga Pembelian mobil baru tentu ada diskon dari dealer sehingga akan mengurangi harga mobil. Uang yang anda bayarkan jika terkena diskon akan kurang dari Rp181.818.181.

Jadi begitulah Daftar Mobil Bebas PPnBM 2021 dan Perhitungannya. Apakah anda tertarik membeli mobil baru?. Sekian dan Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar