Cara Menghidupkan Mobil dengan Benar

COREMAGZ - Kendaraan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari manusia saat ini. Kendaraan yang sering kita gunakan seperti mobil dan motor. Mobil dan motor memiliki beberapa perbedaan salah satunya dalam hal menghidupkan mesin. Artikel ini lebih menjelaskan cara menghidupkan mobil secara benar dan sesuai dengan kondisi mesin.

Mesin mobil yang biasanya diam di malam hari karena kita beristirahat, tentu akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dengan mesin yang baru saja dihidupkan. Mesin yang diam pada malam hari tentu akan mati secara lama, sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Anda ketika inggin menggunakan mobil pada pagi harinya setidaknya harus mengecek mesin (air radiator, tekanan oli, dan lain lain), tekanan ban, dan kondisi fisik. Setelah anda mengecek hal tersebut mulailah anda bisa mencoba menghidupkan mesin, namun ada beberapa langkah-langkah agar bisa menghidupkan mobil secara benar yaitu sebagai berikut.


1. Buka garasi anda.

Orang ketika menyimpan mobil tentu letaknya berbeda-beda, ada yang di ruangan tertutup dan ada juga yang di ruangan terbuka. Anda yang menyimpan mobil di dalam ruangan, perlu membuka garasi. Hal tersebut karena mobil berbahan bakar minyak akan menghasilkan gas Carbon dan CO2 yang bisa menyebabkan sesak nafas, sehingga anda perlu membuang gas tersebut ke luar yaitu dengan cara membuka seluruh pintu garasi.


2. Buka kunci mobil dan hidupkan mesin.

Anda hanya perlu menekan tombol unlock pada kunci atau handle pintu mobil. Setelah itu bagi anda yang memiliki mobil keyless hanya perlu menekan tombol start dan menginjak pedal rem. sedangan pada mobil yang masih menggunakan kunci konvensional hanya perlu memasukkan ke lubang kunci lalu memutar sampai ke start lalu arahkan ke on sambil menginjak rem.


3. Arahkan knalpot mobil anda ke luar garasi.

Knalpot perlu diarahkan dengan mengubah posisi mobil jika mobil menghadap ke luar garasi. Hal ini sangat penting agar gas yang dihasilkan tidak terhirup yang dapat menyebabkan sesak nafas.


4. Pastikan tidak ada bunyi-bunyi tidak normal.

Setelah anda mendengarkan raungan mesin sekitar 10 sampai dengan 15 menit, bisa diambil kesimpulan jika tidak ada bunyi aneh bisa di anggap mesin secara keseluruhan berjalan dengan baik.


5. Jangan hidupkan AC selama fase memanasi mobil.

AC sebaiknya jangan dihidupkan ketika memanasi mobil. fase memanasi mobil biasanya akan memakan waktu 10 sampai dengan 15 menit. Pada fase ini biasanya mesin belum bekerja secara optimal sehingga jangan dibebani lagi dengan AC.


6. Setelah semua telah terlewati maka bisa digunakan untuk bepergian atau dimatikan.

Jika anda hanya inggin memanasi mesin mobil saja, sebaiknya langsung dimatikan. Namun jika anda akan berpergian silahkan menggunakan mobil sesuai dengan fungsinya, yaitu alat transportasi. Anda sudah bisa menghidupkan AC dan seluruh komponen elektrikal.


Jadi begitulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat menghidupkan mobil dengan benar. Apakah anda punya pengetahuan yang berbeda? silahkan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca artikel ini.


Posting Komentar

0 Komentar