Beberapa Alasan Mengapa Kita Perlu Memiliki Kendaraan Pribadi



COREMAGZ - Kendaraan merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh sebagian orang. Ada orang yang berpendapat bahwa memiliki kendaraan sendiri akan memudahkan ketika transportasi, mengangkut barang, dan lebih aman dari tindakan pencurian maupun penculikan. Namun di sisi lain ada juga orang menganggap bahwa memiliki kendaraan hanya akan menjadi beban saja dan lebih banyak ruginya dari pada untung yang didapatkan. Karena perdebatan itu, kami tim Coremagz akan memberikan beberapa alasan mengapa kita perlu memiliki kendaraan pribadi.


1. Mempermudah Mobilitas

Ketika anda cenderung melakukan perjalanan yang rutin, misalkan ke kantor, tempat bisnis, dan lain sebagainya maka anda lebih baik memiliki kendaraan pribadi. Kendaraan akan mempermudah anda dalam perjalanan ke kantor dan juga termasuk ketika liburan jalan-jalan bersama keluarga bahkan ketika anda membeli barang yang cukup besar maka hal itu akan mempermudah anda.

2. Uang yang Anda Bayarkan Untuk Membeli Kendaraan Tidak Hilang.

Hal itu bisa kita buktikan dengan ilustrasi sebagai berikut. Seseorang membeli mobil baru secara cash seharga Rp250.000.000. kemudian mobil tersebut di gunakan untuk kegiatan seperti pergi ke kantor, pergi jalan-jalan bersama keluarga, mudik, dan hal lainnya. Mobil itu di gunakan selama 3 tahun. Ketika orang tersebut menjual mobil yang dimilikinya, lalu ia mendapatkan uang sekitar Rp190.000.000. Hal tersebut membuat dia kehilangan RP60.000.000. Padahal sebenarnya Rp60.000.000 merupakan biaya dia saat menggunakan mobil tersebut. jika di hitung pertahunnya maka ia mengeluarkan Rp20.000.000 dan apabila dihitung perbulannya maka ia hanya mengeluarkan uang sekitar Rp1.600.000. Hanya dengan Rp1.600.000 anda sudah mempunyai kendaaan sendiri. Jika di bandingkan dengan rental mobil, taksi online, dan taksi konvensional maka akan lebih murah ketika memiliki mobil sendiri. Kita asumsikan misal pergi ke kantor 5 kali dalam 1 minggu. Jika menggunakan taksi online (Grab dan Gocar) setiap 1 kali trip, kita akan membayar Rp40.000. Kita pasti akan melakukan 2 trip, yaitu pergi ke kantor dan pulang ke rumah. Penghitungan 2 kali trip yaitu Rp80.000. Apabila kita dalam seminggu bekerja 5 hari maka penghitungannya menghasilkan angka Rp400.000 dan jika kita hitung untuk 1 bulan, maka akan mengeluarkan Rp1.600.000. kemudian pasti ada kalanya kita menginginkan jalan-jalan maka akan mengeluarkan sejumlah uang untuk menuju tempat wisata, kita dapat asumsikan 2 kali trip dengan total Rp120.000. kemungkinan kita setiap pekan juga melakukan perjalanan ke tempat wisata maka akan menghasilkan angka Rp480.000 perbulannya. Kemudian belum lagi di tambah perjalanan yang tidak terduga seperti pergi ke rumah saudara, belanja, dan hal lainnya.

Total biaya yang di keluarkan perbulan berdasarkan data di atas
a) Menggunakan mobil sendiri (memiliki mobil sendiri) :
Rp1.600.000 (depresiasi mobil) + Rp300.000 (bahan bakar) = Rp1.900.000.
b) Menggunakan taksi online :
Rp1.600.000 (ke kantor) + Rp480.000 (jalan-jalan) + perjalanan tidak terduga = Rp2.080.000 + perjalanan tidak terduga.
jadi jika dibandingkan antara memiliki mobil sendiri dan menggunakan taksi online maka lebih menguntungkan memiliki mobil sendiri.


3. Memiliki Perasaan Lebih Nyaman dan Aman.

Ketika kita menggunakan mobil sendiri tentu ada perasaan nyaman dan aman. namun, bila menggunakan taksi online, taksi konvensional, dan rental tentu akan memiliki rasa yang kurang merasa nyaman dan aman. Kurang merasa nyaman dan aman karena kita rawan dirampok, diculik, dan tindak kriminal lainnya meskipun pengemudi beridentitas jelas. Identitas juga tidak dapat menjamin 100% aman, karena bila pelaku merasa ada kesempatan maka bisa saja berbuat kejahatan.


Berdasarkan Uraian di atas, apakah anda berniat memiliki kendaraan sendiri ? atau masih mau menggunakan taksi ?. Terimakasih telah membaca tentang beberapa alasan mengapa kita perlu memiliki kendaraan pribadi. Share tulisan ini kepada semua kerabat anda dan berikan komentar pendapat anda di kolom bawah ini.

Posting Komentar

0 Komentar